Peran Alam Bawah Sadar, Imajinasi, dan Intuisi dalam Membangun Ide Kreatif untuk Usaha Mandiri

pengaruh alam bawah sadar untuk usaha

Saat ini banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mencari pekerjaan yang layak dan dapat menopang kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk kita membangun usaha mandiri sekaligus merubah tujuan dari mencari pekerjaan menjadi menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Salah satu peluang bisnis yang mempunyai peluang berhasil cukup besar adalah membuat bisnis online, anda bisa menjadi seorang Youtuber atau blogger. anda hanya perlu memikirkan konten Youtube atau blog sekreatif dan sebagus mungkin agar di kunjungi/dilihat oleh banyak orang.

Sifat seorang wirausaha adalah selalu mencari dan melihat peluang yang tersembunyi dengan gagasan baru dan bekerja keras untuk merubah peluang menjadi kenyataan. Kreativitas dalam memunculkan ide memiliki peranan penting dalam membuat inovasi suatu usaha.

Baca : Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang

Prof. W. Ladd (dalam Alma, 2005) dalam karyanya yang berjudul Atistic Research Tool for Scientific Minds mengemukakan bahwa kemajuan usaha dipengaruhi oleh mental bawah sadar berupa imajinasi dan intuisi.

1.  Rasa Bawah Sadar

Rasa Bawah Sadar adalah proses mental yang berupa pikiran, ide, dan perasaan yang muncul dalam pikiran tanpa kita sadari. Konsep dan pikiran seseorang berasal dari bawah sadar kemudian rasa sadar kita di gunakan untuk menguji konsep itu, apakah diterima atau ditolak. Pada kenyataannya hanya sebagian kecil proses bawah sadar yang mampu diingat seseorang, kemampuan ini bergantung pada seberapa sering orang itu memberikan perhatian lebih terhadap ide yang muncul di alam bawah sadarnya.

2.  Imajinasi

Ide yang didapat oleh seseorang bisa juga muncul melalui imajinasi. Imajinasi dibagi menjadi 2 bagian, imajinasi pasif misalnya melamun atau mimpi dan imajinasi reproduksi misalnya imajinasi di bidang sains. Imajinasi reproduksi didukung oleh kemampuan membentuk kembali pengalaman masa lalunya dan orang yang memiliki kemampuan seperti itu biasanya selalu memiliki keinginan untuk mengobservasi hal apapun di sekelilingnya, ingin memiliki dan mewujudkan semua idenya. Imajinasi seperti itu dapat disebut sebagai imajinasi kreatif, hasil dari imajinasi kreatif biasanya berupa penemuan baru yang bisa berupa benda, konsep, ataupun model.

3.  Intuisi

Intuisi bisa diartikan sebagai pengetahuan mendadak yang diperoleh tanpa sadar yang lebih menjurus kepada pengetahuan tentang kebenaran. Istilah lain dari intuisi adalah I know without knowing why I’m know atau saya tahu tanpa mengetahui kenapa saya tahu. Contoh dari intuisi adalah seorang enterpreneur sedang menanam bunga, tiba-tiba terlintas di benaknya tentang cara meningkatkan penjualan. Pada dasarnya semua orang memiliki intuisi yang membuat seseorang memiliki ide-ide kreatif.

Prof. W. Ladd menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses bawah sadar menjadi sangat produktif. Faktor tersebut adalah :

1. Keraguan

2. Sikap Berani

3. Bermacam-macam pengalaman, memori dan ketertarikan

4. Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh

5. Menyerah sementara

6. Relaksasi/istirahat/santai

7. Menulis

8. Bertukar pikiran

9. Bebas dari kebingungan atau kekacauan

10. Limit waktu/deadline

11. Tekanan

Prof. W. Ladd juga mengungkapkan bahwa tidak ada gunanya seseorang memiliki banyak rasa bawah sadar bila rasa sadarnya gagal menangkap hasil bawah sadar.

Setiap manusia normal terlahir dengan membawa potensi kreatif dari pikiran sadar dan bawah sadar yang sama, namun dalam proses tumbuh kembang manusia, hanya sebagian kecil saja yang berkembang sepenuhnya dari seluruh potensi yang ada dalam pikiran sadar. Kebanyakan dari manusia-manusia modern tidak menggunakan rasa bawah sadarnya karena di lingkungan tempat tinggal dan sekolahnya dia hanya diajarkan bagaimana menggunakan logika dan analisa yang baik(pikiran sadar). Padahal jika pikiran bawah sadar tersebut diajarkan, maka manusia akan bisa mengembangkan dirinya ke level yang lebih tinggi.

Menurut Dr. Joseph Murphy, D.R.S. Ph.D, DD, LLD., seorang penulis buku dari Amerika Serikat bahwa “pikiran bawah sadar mengikuti perintah yang diberikan berdasarkan atas kepercayaan dan anggapan pikiran sadar”. Pikiran bawah sadar merupakan tempat kedudukan emosi dan merupakan pikiran yang sangat kreatif, jika anda memikirkan hal positif maka hal-hal yang positiflah yang terjadi, begitupun sebaliknya.

William James, bapak psikologi Amerika mengatakan bahwa daya yang menggerakkan dunia berada dalam pikiran/batin bawah sadar anda. Batin bawah sadar anda mengontrol semua proses dalam tubuh anda dan tahu bagaimana menjawab sebuah persoalan karena rasa bawah sadar akan menimbulkan hukum aksi dan reaksi.
Dengan demikian, apabila kita mampu untuk menggerakkan pikiran bawah sadar dan menyeimbangkan dengan pikiran sadar, maka kita akan mampu melakukan apapun dan menghindari ketidaksinkronan antara pikiran bawah sadar dengan pikiran sadar.

Sumber :

- bawahsadar(dot)com

- abdiwirausaha(dot)blogspot(dot)com

Selain membangun kreatifitas dalam menjalani bisnis, anda juga perlu mengetahui Rahasia Sukses Bisnis agar lebih mudah untuk mendulang kesuksesan dalam bisnis yang anda jalankan. Demikian artikel ini saya tulis, Semoga artikel ini membawa manfaat untuk kita semua. Terimakasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar