Cara Mengetahui Artikel Blog Yang di Copy Paste

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi terkait dengan cara mengetahui artikel blog yang di copy paste oleh orang lain. Memang menyebalkan jika artikel yang kita tulis dengan susah payah di copas tanpa etika oleh orang lain. Entah apa sebenarnya tujuan mereka mengcopas artikel, tapi yang jelas perbuatan seperti itu tidak bisa dibenarkan.

Tindakan copy paste yang sama persis dan tidak dirubah sedikitpun tentunya akan sangat merugikan pihak penulis konten asli karena pasti akan terjadi yang namanya duplikat konten, dan hal tersebut sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Blog akan di anggap tidak unik dan pasti akan menurunkan reputasi blog yang dicopy paste.

Lalu bagaimana dengan artikel yang mengcopas tersebut menautkan link sumber tersebut, apakah baik atau tidak ? jawabannya adalah TIDAK. Walaupun tercantum sumber di bawahnya, tetapi isi artikel tetap sama persis dengan aslinya maka mesin pencari tetap akan mengecap adanya duplikasi konten.

Cara Mengetahui Artikel Blog Yang di Copy Paste Oleh Orang Lain

1. Lakukanlah pencarian judul artikel

Anda harus masuk ke halaman pencarian google.co.id kemudian melakukan pencarian dengan judul artikel anda yang ingin diketahui terkena copy paste atau tidak dengan menambahkan tanda petik di depan dan belakang judul. Misalnya “Cara Submit URL Artikel ke Bing dan Google Webmaster”.

mengetahui artikel yang di copas

Setelah hasil pencarian muncul, ternyata tidak ada yang menduplikasi artikel tersebut. Jika ada, maka tampilannya akan seperti di bawah ini :

mengetahui artikel di copas orang lain
sumber gambar ini : strukturkode
Cara diatas sering saya gunakan untuk melakukan pengecekkan terhadap artikel saya, apakah di copy paste atau tidak. Mencari dengan tanda petik ganda diikuti dengan judul artikel adalah cara termudah untuk mengetahui duplikasi artikel di mesin pencari.

2. Menggunakan sebagian kalimat yang terdapat dalam artikel

Cara ini cukup efektif untuk mengetahui hasil copy paste orang lain terhadap blog kita. Anda bisa menggunakan isi artikel yaitu kalimat pertama atau kedua atau ketiga dalam paragraf pertama, kedua, atau ketiga, bebas sesuai kehendak anda.


mengetahui artikel di copas orang lain

Anda bisa memasukkan penggalan kalimat tersebut ke dalam kotak pencarian google. Setelah saya melakukan pencarian, ternyata tidak terdapat kata-kata yang mirip dengan kalimat dalam artikel saya. Artinya, tidak ada yang mencopas isi artikel saya tersebut.

mengetahui artikel di copas orang lain

jika terdapat kalimat yang di copy paste, maka akan muncul kalimat yang persis dengan apa yang kita masukkan ke dalam kotak pencarian di deskripsi pencarian.


Tindakan copy paste tanpa etika memang sudah seharusnya dihilangkan. Anda dapat melakukan berbagai macam cara untuk membasmi tindakan tersebut, salah satunya adalah melaporkannya ke DMCA Protection. Cara ini dinilai efektif untuk membasi para plagiat artikel yang sangat banyak jumlahnya. Demikian artikel yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Jika Artikel blog kena copas, apakah ada pengaruhnya di halaman pencarian google?

    ReplyDelete