Cara memasang kode verifikasi google webmaster pada blog

Sebenarnya memasang kode verifikasi webmaster pada blog adalah hal yang sangat mudah, namun bagi para blogger pemula yang baru mengenal dunia blogging, memasang kode verifikasi pada blog akan menjadi hal yang asing dan sulit karena kurangnya pengalaman.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang kode verifikasi webmaster, mulai dari cara memperoleh kode webmaster hingga cara memasang kode tersebut ke dalam blog.

Apa itu Google Webmaster?

Google web master/Google search console adalah sebuah alat yang di sediakan oleh pihak google untuk membantu pemilik website untuk memantau aktifitas mesin pencari google terhadap blog kita. Google webmaster juga dapat membantu blog kita agar lebih mudah untuk dikenali oleh mesin pencari google.

Nah, untuk menghubungkan blog anda dengan Google Webmaster maka anda harus mendapatkan kode verifikasi Google webmaster terlebih dahulu, kemudian baru memasang kode verifikasi yang di peroleh dari Google Webmaster ke dalam website/blog anda.

Cara memasang kode verifikasi Google Webmaster kedalam blog

Kode verifikasi Google yang paling mudah adalah dalam bentuk meta tag. Langkah-langkah untuk memasang kode verifikasi Google Webmaster adalah sebagai berikut :


1. Login ke akun blog anda

2. Pilih menu Template – Klik Edit HTML

memasang kode verifikasi google webmaster

3. Silahkan cari kode <head> . tekan CTRL + F untuk memudahkan pencarian. Letakkan kode verifikasi Google webmaster tersebut di bawah kode <head> . anda bebas meletakkannya dimana saja diantara kode <head> hingga </head>.

memasang kode verifikasi google webmaster

4. Klik Save

Sekarang kode verifikasi Google Webmaster telah terpasang pada blog anda. Dengan terpasangnya kode verifikasi tersebut, maka robot mesin pencari Google akan terus memonitor aktifitas blog anda. Data dan seluruh informasinya bisa anda lihat di akun google webmaster anda tetapi anda perlu menunggu minimal 1x 24 jam untuk melihat informasi tersebut. Setelah anda selesai memasang kode verifikasi tersebut, jangan lupa untuk submit sitemap blog anda di akun Google webmaster.


Sitemap atau peta situs digunakan sebagai penunjuk jalan robot mesin pencari untuk mengetahui apa saja yang perlu dibaca oleh mesin pencari. Sitemap sangat membantu robot mesin pencari untuk mengenali blog anda.
Previous
Next Post »

3 comments