Cara submit sitemap ke google webmaster

Sitemap atau peta situs digunakan sebagai penunjuk jalan robot mesin pencari untuk mengetahui apa saja yang perlu dibaca oleh mesin pencari. Sitemap sangat membantu robot mesin pencari untuk mengenali blog anda.

Sitemap adalah sebuah file dalam format xml yang menginformasikan bentuk dan struktur url blog anda ke mesin pencari. Untuk anda yang membuat blog berplatform blogspot, anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat sitemap secara manual karena blogspot sudah otomatis mengupdate sitemap setiap kali kita menerbitkan artikel. Dengan menggunakan sitemap, mesin pencari google akan lebih cepat dalam melakukan pengindexan terhadap blog anda. Semakin cepat blog terindex, maka peluang artikel untuk muncul di mesin pencari semakin besar.


Cara submit sitemap / peta situs di Google Webmaster :

1. Masuk ke akun webmaster anda atau langsung kunjungi webmaster.google.com

2. Pada menu di sisi kiri, silahkan pilih menu Crawl kemudian pilih sitemap

cara submit sitemap ke webmaster

3. Lihat di sisi sebelah kanan atas. Klik tombol Add/Test Sitemap.

cara submit sitemap ke webmaster

Ketik sitemap.xml pada kotak isian yang disediakan.

4. Klik Submit

5. Jangan lupa untuk merefresh browser anda, jika berhasil maka sitemap sudah berhasil dan akan segera dapat dikenali oleh mesin pencari google.


Jika anda telah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka anda telah sukses dalam mensubmit sitemap atau peta situs kedalam google webmaster.
Demikian artikel yang saya tulis tentang cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar